Menebus Impian Bersama Bisnis Hebatku

Kamis, 15 April 2010

Buka Online Shop?

Beberapa sahabat pernah tanya ke saya, gimana caranya buka online shop sementara mereka ga punya waktu untuk hunting ke pasar nyari2 barang bagus untuk dijual, ga bisa keluar rumah seenaknya, ga bisa ninggalin anak yg masih kecil dan bla..bla..bla.... semua tentang hambatan2 yang dihadapi. Well, saya mencoba untuk berbagi ilmu yang saya dapat otodidak, berdasarkan pengalaman saya sendiri, moga2 berguna ya buat teman-teman yg ingin punya usaha dirumah dan menjalankannya dari rumah.

Sebenernya ga sulit koq mau buka online shop. kira2 ini yang saya lakukan :
1. Tahap awal, tentuin target market, dengan menentukan target market kita jadi ga kebingungan mo cari barang apa untuk dijual, dengan sendirinya kita udah punya bayangan, oohh...kayanya oke nih kalo saya jual ini, ini dan ini.

2. Rajin2 browsing kira2 produk apa yg sedang diminati sekalian survey perbandingan harga. Caranya bisa dengan survey ke onlineshop2 yang ada, website dan blog toko online. atau kalo punya waktu ke pasar, lebih bagus lagi, karena kita bisa liat langsung produknya dan kita jadi punya gambaran tentang produk tersebut.

3. Jalin kerjasama dengan produsen atau distributor. Pastinya kita pastiin dulu produsen dan distributor tersebut memang bisa dipercaya dan produknya memang sesuai kriteria kita. caranya bisa dilihat dari respon orang2 terhadap produk dari produsen atau distributor tersebut. Kalo banyak yang memberi tanggapan positive, banyak melakukan transaksi dan mayoritas customer puas dengan pelayanannya (bisa diliat dari testimoni) berarti kita bisa pegang, produsen atau distributor ini oke untuk diajak kerjasama. Biasanya....kita dapat harga khusus reseller atau harga grosir.

4. Jaga kepercayaan customer. Dasar dari bisnis onlineshop adalah kepercayaan, jadi kita harus jaga kepercayaan customer terhadap kita dan produk kita. Jangan pernah sekali2 menipu customer. sekali ketipu customer ga akan mau belanja lagi ke kita bahkan parahnya lagi onlineshop kita bisa gulung tikar, karena ada aja customer yang merasa sakit hati karena telah ditipu menyebarkan ke orang2 bahwa dia ditipu oleh onlineshop kita dan menyarankan orang2 untuk tidak berhubungan dengan onlineshop kita.

5. Do'a. Usaha udah, jalan udah, apa lagi? Ya do'a. Berdo'a pada Allah SWT agar kita dilimpahkan rejeki melalui usaha yang kita jalankan. Daaaaaannn...jangan lupa keluarin zakatnya yaaa.....

6. Biar ga bingung, coba jalan2 aja ke onlineshop saya. Target market saya adalah perempuan remaja dan dewasa, pastinya perempuan selalu ingin tampil cantik, saya langsung dapet ide, nama yang cocok adalah Ladys Cantik.

Semoga apa yang saya tulis hari ini, bisa bermanfaat untuk semua....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar